Search Engine Optimation (SEO) dan Social Media Optimation (SMO)

Moncernya Google, Yahoo, Webcrawler, Bing dan search engine lainnya memang tidak dapat dipungkiri. Mungkin pengguna internet, sulit sekali melepaskan search engine saat akses internet. Pasti dalam satu sesi akses melakukan visiting ke web search engine tersebut..

Namun,
Diakhir 2010 popularitas search engine secara perlahan tersaingi dengan maraknya sosial media. Apa itu sosial media, ia adalah media yang berbasis pada proses komunikasi antar user. Contoh populernya sebagai berikut : facebook, twitter, myspace, blogspot, flikr, youtube dan sejenisnya.

Makin hari, makin banyak aja user yang mengakses sosial media. Apalagi orang Indonesia ini rajin bergosip ria.

Orang rela minggirin motor atau mobil hanya sekedar update status..

Nah, bagaimana dengan fenomena internet marketing berikutnya ?

Ibarat seorang pemancing, memancinglah dimana tempat yang banyak ikannya. Sebagai seorang marketing dunia maya, wajib juga mulai memancing di era sosial media ini.

Bagaimana caranya,
Updating produk dan layanan ke sosial media. Manfaatkan semaksimal mungkin sosial media sebagai jalur sales dan distribusi produk.

Jika ini tidak kita lakukan, alamat semakin sepi kunjungan ke web kita, karena ikannya bergerombol masuk sosial media...

Jadi kedepan, tidak hanya SEO yang penting, tetapi juga SMO.

Salam SMO


Amir Fauzi
Owner
Kaos Distro Bandung

No comments: