Strategi Bersaing Berbasis Pada Keunggulan

Ada oleh oleh dari seminar Business Model yang menurut saya menarik untuk dikaji, khususnya bagi yang mau memulai bisnis sendiri.

Apa itu, tentukan value prepotition. Menentukan nilai yang akan kita berikan kepada pelanggan.

Dulu, jaman jaya-jayanya konlomerasi, semua orang pengin meniru model bisnis konglomerat, yaitu ingin menguasai dari hulu sampai kehilir. Jika mau bikin sebuah usaha, mulai dari pemasaran sampai bahan baku harus dikuasai. Orang sering sebut integrasi vertikal atau integrasi horisontal.

Bagaimana dengan sekarang...
Model bisnis ala konglomerasi itu semakin sulit untuk memperoleh daya saing, apalagi untuk kelas UKM.

Bagaimana mensiasatinya,Salah satunya adalah menentukan dimana kita memiliki kekuatan dan keahlian. Berikutnya fokuslah pada keunggulan tersebut dan ciptakan nilai buat
pelanggan.

Terus bagaimana dengan hal-hal yang tidak dikuasai..
Serahkan saja pada orang lain yang lebih ahli untuk mengerjakannya.

Jaman sekarang, untuk jualan tak mesti kita harus mampu membikin produk sendiri, kalau kita punya keahlian jualan, maka serahkan saja orang lain untuk bikin, dan kita fokus untuk jualan.

Dengan kita berkompetisi dengan keahlian yang kita miliki, maka peluang kita memenangkan kompetisi semakin besar, daripada harus menguasai dari hulu sampai hilir.

Mari fokus saja pada keunggulan kita, berikutnya mengemas menjadi bernilai bagi pelanggan.

Salam,


Amir Fauzi
www.bursajilbab.com
Tempatnya Kulakan Jilba

No comments: