Perkembangan Dunia Bisnis Online di Indonesia

Dalam bisnis yang pasti terjadi adalah perubahan. Demikian juga dalam bisnis berbasis internet atau bisnis online, terus mengalami perubahan.

Dulu bisnis internet didorong dengan bagaimana kita memaksimalkan search engine semacam Google, Yahoo, Bing dan sejenisnya. Namun, dengan perubahan yang sangat massif dalam penggunaan social media layaknya Facebook, Twitter, Blog dan sejenisnya, maka pola tarifik web yang awalnya didominasi oleh search engine bergeser kea rah social media.

Perubahan-perubahan lain yang terjadi, adalah masuknya UKM dalam dunia online, hal ini memangkas fungsi-fungsi pasar-pasar grosir tradisional. Katakanlah dulu orang berbelanja pakaian di Tanah Abang, namun dengan adanya internet, maka transaksi di Tanah Abang akan terus bergeser digantikan dengan berbasis online yang diprakarsai para pemasok Tanah Abang.

Faktor lainnya adalah, semakin mahalnya ongkos transportasi juga berpengaruh ditambah dengan kemacetan kota, sehingga orang malas untuk berbelanja langsung ke pusat grosir. Kondisi ini mendorong semakin maraknya pasar on line yang secara perlahan menggantikan pasar tradisional.

Berkembangnya telepon seluler kea rah smart phone semacam Blackberry dan Androin juga ditengarai membuat pola komunikasi berubah drastis. Dulu orang mengakses internet dari Warnet, kini bias melalui Speedy dan smartphone.

Faktor-faktor diatas sudah sangat mencukupi untuk menyimpulkan bahwa, akan terjadi proses migrasi pasar secara besar-besaran dari pasar konvensional menuju pasar online.
Fenomena ini ditangkap dengan sangat baik oleh investor asing yang membenamkan modal untuk perusahaan startup IT. Pertanyaannya buat kita adalah, siapkah kita menghadapi fenomena ini, sehingga mampu menjadi tuan dinegerinya sendiri.

Ini tugas kita bersama, kalau kita abai terhadap masalah ini, maka yang terjadi adalah penjajahan online diatas negeri ini.


Amir Fauzi
Founder
www.distroacademy.com | Sekolahnya Pengusaha Kaos Distro
www.gesut.com | Tempatnya Bikin Kaos Keren