Kejayaan Bisnis Masa Lalu Tak Menjamin Kejayaan Masa Depan

Dulu banyak buku mengulas the living company, atau perusahaan yg mampu bertahan diatas 100 tahun. Suwi banget...

Rasanya kalau disurvey sekarang boleh dikatakan sangat, sangatlah sedikit, dan itupun biasanya dalam skala bisnis yg super fokus, seperti zidjian misalnya. Lha kenapa, siklus bisnis dan siklus produk sdh sedemikian pendeknya. Ya mungkin dampak teknologi informasi dan perubahan model bisnis yg berubah secara eksponensial.

Catatan kecil saya, dulu ada dec, ditelan compaq, kemudian compaq ditelan hp. Atau produk misalnya bbm, flicker, nokia, ah...banyak lagi. Yang menunjukkan.kejayaan masa lalu tak mampu berbuat banyak utk membuat kejayaan masa kini. Malah kebanyakan, kebesaran dan kejayaan masa lalu malah menjadi beban usaha dimasa mutakhir ini. Atau bisa dikatakan memulai usaha dgn bikin.usaha baru lebih fresh daripada menggunakan sumber daya warisan.

Seringkali saya bertemu dgn usahawan yg berjaya pada masa lalu, kini pabrik2 dan aset2nya banyak yg tdk terurus. Bingung mau diapakan. Jika kini tempat kerjamu masih bertahan dan sehat, bersyukurlah. Karena mempertahankan usaha kini tak semudah mendirikannya. Semoga ini bukan bagian nggrenengi pemerintah.

@amirfauzi

No comments: