Nothing Tanpa Eksekusi















Hari-hari ini ada begitu banyak waktu tersita WFH. Selain itu juga kesibukan mengikuti dari webinar ke webinar, dan kebetulan banyak yang gratis. Yang berbayarpun ada, tentu dengan harga yang sangat bersahabat.

Belajar itu penting, walau Anda telah lulus sekolah, dapat sertifikasi maupun anda seorang guru. Tak ada yang salah tentang belajar ini.

Internet telah membuka lebar-lebar ilmun yang selama ini nyumput. Kita bisa mendapatkan materi apapun dengan level terendah sampai tertinggi. Bahkan bisa dikatakan saking melimpahnya bisa jadi overdosis.

Lantas apa masalahnya ?

Ilmu yang banyak dan melimpah ruah yang kita koleksi, tak akan banyak artinya tanpa upaya untuk mengamalkannya. Buku-buku koleksi terbaik yang berderet-deret, tak akan memberikan dampak signifikan tanpa diamalkan.

Era ini, menjadi sedemikian penting merumuskan ilmu yang kita kuasai menjadi aksi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu mengamalkan ilmu.

Dalam kerja dari rumah ini, ada baiknya memberikan ruang, selain mencari ilmu, juga mengulik bagaimana ilmu itu bisa dieksekusi. Banyaknya ilmu jika tidak dibagi dan dianalkan hanya akan menjadi pepohonan rimbun tanpa buah.

Dan sesungguhnya, dampak ilmu itu saat dieksekusi. Dan eksekusi ini juga membutuhkan ilmu tersendiri.

Asa suatu kisah, seseorang jika ketemu, begitu banyak idenya. Setiap ketemu selalu mempunyai ide bisnis yang cemerlang. Selalu saja ada ide baru setiap ketemu. Namun, karena ide itu tak pernah dieksekusi, yang berkembang idenya, tapi bisnisnya kagak. Karena memang tak pernah dimulai...

No comments: